Jumat, 14 Februari 2014

K.D 3.3

Nama : Rakha Rana Misk
Tugas : Menganalisis Teks Anekdot

1) Judul
# Iya, judul telah menggambarkan keseluruhan isi teks. Karena di dalam isi teks Nasruddin diundang oleh orang-orang kota untuk menyampaikan khutbah di sebuah majelis.
# Iya, judulnya singkat,padat,dan jelas.
2) Abstrak
Terdapat abstrak,tetapi tidak ada objek atau hal yang hendak disindir atau di kritik. Karena tidak ada kalimat menyindir.
3) Orientasi
# Ada, buktinya yaitu pengenalan terhadap Nasruddin dan para hadirin.
# Ada, buktinya "Kemudian ia pun berjalan turun dari mimbar dan meninggalkan majelis."
# Ada, bukitinya "Ketika tiba di mimbar, dia mendapati bahwa sebagian besar hadirin dalam majelis itu tidak terlampau bersemangat untuk mendengarkan khutbahnya."
4) Krisis
Ada, buktinya "Kali ini orang-orang dibuat bingung, akhirnya mereka memutuskan untuk mencoba sekali lagi dan mengundangnya agar datang lagi minggu depan untuk menyampaikan khutbah."
5) Reaksi
Ada, buktinya "Minggu depannya, ketika naik mimbar, Nasruddin lagi-lagi bertanya dengan pertanyaan yang sama. Kali ini hadirin sudah bersiap-siap untuk pertanyaan itu, maka sebagian dari mereka ada yang menjawab "Tidak!" dan sebagian lagi ada yang menjawab "Ya!". Nasruddin pun berkata lagi, "Baiklah, kalau begitu sebagian yang sudah tahu bisa menceritakan kepada sebagian lainnya yang belum tahu." Reaksi dari teks anekdot tersebut lucu.
6) Koda
Ada, buktinya "Kemudian ia pun turun meninggalkan mimbar."
7) Penggunaan kata yang menunjukan waktu lampau
Ada, buktinya "Suatu ketika, orang-orang dikota mengundang Nasruddin untuk menyampaikan khutbah di sebuah majelis."
8) Penggunaan kata seru untuk menegaskan hal-hal tertentu
Ada, buktinya "Kali ini hadirin sudah bersiap-siap untuk pertanyaan itu, maka sebagian       dari mereka ada yang menjawab "Tidak!" dan sebagian lagi ada yang menjawab "Ya!"
9) Penggunaan kalimat yang menyatakan unsur kelucuan terhadap sesuatu yang serius
Ada, yaitu sebagian yang sudah tahu apa yang ingin disampaikan dengan Nasruddin dalam khutbahnya bisa menceritakan kepada sebagian lainnya yang belum tahu".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar