Rabu, 12 Februari 2014

Menilai Teks Anekdot

Nama : Vienti Angelita B.


Serial TV komedi yang berjudul Malam Minggu Miko pada episode ‘Jajah Rumah Anna’ dimainkan oleh Raditya Dika sebagai Miko yang merupakan tokoh utama dalam serial tersebut, dari yang saya lihat Miko memiliki sifat yang mudah terpengaruh oleh orang sekelilingnya. Tokoh kedua ada Andovi da Lopez sebagai Dovi, Ia merupakan teman kontrakan Miko. Tokoh ketiga ada Hadian Saputra sebagai mas Anca, Ia berperan sebagai pembantu Miko dan Dovi di kontrakan yang memiliki sifat polos dan sangat patuh pada majikan. Tokoh lainnya ada Jovial da Lopez sebagai Jovi, Ia adalah kakak dari Dovi. Pada episode ‘Jajah rumah Anna’ ini Jovi mendatangi kontrakan adiknya bersama seorang  teman ceweknya yang ternyata seorang bule bernama Anna.
Abstrak cerita tersebut pada saat Miko dan Dofi sedang bermain congklak sampai dengan Jovi datang ke kontraknya. Orientasinya pada pada saat Jovi memperkenalkan Anna sampai dengan mereka menyadari bahwa koper Anna tertinggal di bandara. Krisis terdapat pada saat Anna menempel foto keluarganya di seluruh ruangan kontrakan Miko dan Dovi, memanggil temannya untuk berpesta di kontrakan tersebut sampai dengan Miko ingin menjajah kembali rumahnya. Reaksi terjadi pada saat Anna memberi Miko, Dovi, dan Jovi tiket ke Kanada atas kebaikan mereka semua kepadanya lalu sesampainnya mereka di rumah Anna, di Kanada mereka memajang foto kakek-nenek mereka di kamar tersebut dengan anggapan ‘Jajah Rumah Anna’.
            Maksud dari film ini adalah untuk mengkritik orang-orang yang suka salah paham dengan kalimat ‘anggap aja rumah sendiri’ dan kebiasaan orang-orang yang suka balas dendam.
Menurut saya pada episode ini cerita dan alurnya jelas dan menarik sehingga kelucuan dan kritikannya tersampaikan dengan cukup baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar